Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4924Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II sekolah dasar serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data pada penelitian ini adalah guru kelas II dan orang tua siswa kelas II SD Negeri 045/I Sridadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian di analisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 16 orang siswa kelas II SD Negeri 045/I Sridadi ditemukan bahwa 6 orang siswa yaitu JA, AC, MR, AI, DA, dan MN mengalami permasalahan dalam ranah membaca permulaan seperti : (a) belum mampu mengenal huruf, (b) membaca suku kata, (c) membaca kata, (d) membaca kalimat sederhana, dan (e) membaca teks pendek yang mana merupakan tolak ukur siswa dikatakan mampu membaca permulaan. Kemudian kesulitan siswa yang dalam membaca permulaan disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: (a) kurangnya minat belajar, (b) kurangnya percaya diri siswa, (c) pendidikan pra sekolah, dan (d) perhatian dari orang tua.Downloads
Published
2022-06-25
How to Cite
Jeni, N. F. ., Kuntarto, E. ., & Noviyanti, S. . (2022). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1603–1608. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4924
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nadia Fitri Jeni, Eko Kuntarto, Silvina Noviyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).