Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Nadia Fitri Jeni Universitas Jambi
  • Eko Kuntarto Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4924

Abstract

  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II sekolah dasar serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data pada penelitian ini adalah guru kelas II dan orang tua siswa kelas II SD Negeri 045/I Sridadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian di analisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 16 orang siswa kelas II SD Negeri 045/I Sridadi ditemukan bahwa 6 orang siswa yaitu JA, AC, MR, AI, DA, dan MN mengalami permasalahan dalam ranah membaca permulaan seperti : (a) belum mampu mengenal huruf, (b) membaca suku kata, (c) membaca kata, (d) membaca kalimat sederhana, dan (e) membaca teks pendek yang mana merupakan tolak ukur siswa dikatakan mampu membaca permulaan. Kemudian kesulitan siswa yang dalam membaca permulaan disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: (a) kurangnya minat belajar, (b) kurangnya percaya diri siswa, (c) pendidikan pra sekolah, dan (d) perhatian dari orang tua.

Downloads

Published

2022-06-25

How to Cite

Jeni, N. F. ., Kuntarto, E. ., & Noviyanti, S. . (2022). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1603–1608. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4924

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>