Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Dalam Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Dimas Dwi Dinata Universitas Jambi
  • Eka Sumbulatim Miatu Habbah Universitas Jambi
  • Resti Lathifah Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4330

Abstract

Peserta didik di sekolah dasar memasuki tahap operasional konkrit, sehingga memerlukan suatu media untuk dapat menangkap berbagai konsep yang ada. Salah satu mata pelajaran yang terkesan abstrak adalah matematika. Pembelajaran matematika memerlukan benda konkrit dan penjelasan dari guru. Adanya wabah virus corona ini menjadikan pembelajaran harus serba online, tidak terkecuali matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses belajar matematika selama pandemi virus corona ini berlangsung dan memaparkan dampak dari adanya daring selama pandemi virus corona. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan wawancara dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah proses pembelajaran matematika dilakukan secara daring di berbagai sekolah dan ada pula yang masih mengharuskan untuk orang tuanya mengambil tugas anaknya ke sekolah. Berbagai dampak dirasakan oleh guru, peserta didik, maupun orang tua selama pembelajaran daring di tengah pandemi ini, ada yang positif maupun yang negatif.

Downloads

Published

2022-05-20

How to Cite

Dinata, D. D. ., Miatu Habbah, E. S. ., Lathifah, R. ., & Noviyanti, S. . (2022). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 436–444. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4330

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>