Implementasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Secara Daring Di SDN 181/II Cilodang

Authors

  • Cici Adila Fiaski Universitas Jambi
  • Syarifah Rizkia Universitas Jambi
  • Pebri Azmi Pandya Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4326

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Quizizz sebagai media pembelajaran secara daring di SDN 181/II Cilodang. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui implementasi Quizizz sebagai media pembelajaran secara daring diantaranya: persiapan, pelaksanaan/penyajian dan tindak lanjut dalam implementasi Quizizz secara daring. Pada penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu: (1) tahap persiapan yang dilakukan oleh guru dan peserta didik dalam memahami penggunaan Quizizz, guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dengan media Quizizz, serta pemahaman dalam pembuatan soal kuis; (2) tahap pelaksanaan kuis menggunakan Quizizz secara daring. Pada tahapan ini, guru melakukan pembukaan kegiatan kuis, memberikan arahan kepada peserta didik, setelah itu mengirimkan link kuis melalui grup kelas. Peserta didik diminta untuk mengikuti arahan yang telah dibuat untuk masuk ke laman agar dapat mengerjakan kuis menggunakan Quizizz. Guru dapat memantau peserta didik yang sudah memasuki link kuis tersebut dengan fitur Quizizz yang telah disediakan, setelah itu pada tahapan ini dapat mengetahui kendala yang dialami guru serta peserta didik dalam menggunakan Quizizz; (3) tahapan tindak lanjut, pada tahapan ini, guru membuat kuis ulang untuk soal yang belum tuntas dengan materi yang sama, setelah itu membuat rencana untuk kedepannya agar kegiatan kuis menggunakan Quizizz menjadi lebih baik lagi denganmemperbaiki segala kekurangan yang ada.

Downloads

Published

2022-05-20

How to Cite

Fiaski, C. A. ., Rizkia, S. ., Pandya, P. A. ., & Noviyanti, S. . (2022). Implementasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Secara Daring Di SDN 181/II Cilodang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 407–417. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4326

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>