Analisis Materi Pokok Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Kartini Putri Dewi Universitas Jambi
  • Muhammad Deza Pratama Universitas Jambi
  • Siti Aisyah Universitas Jambi
  • Syahrial Syahrial Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4315

Abstract

 Tujuan tulisan ini untuk mengetahui ruang lingkup materi Pokok SBdP IV Sekolah Dasar, Relevansi materi pokok SBDP Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS), Inovasi Materi Pokok SBdP Berbasis Integrasi Interkoneksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan (library research) yaitu dengan cara menghimpun data dari  berbagai sumber literatur dengan cara meliputi buku-buku dan artikel-artikel ilmiah yang berhubungan dengan penelitian yang sedang dilakukan. Serta melakukan analisis materi pokok seni budaya dan prakarya (SBDP). Penulis menyajikan hasil temuan data secara objektif dan sistematis melalui teknik analisis deskriptif data. Adapun hasil penelitian ini (1) Ruang lingkup materi pokok SBDP yaitu: Apresiasi serta kreasi karya seni rupa, Apresiasi kreasi karya seni musik, Apresiasi karya seni tari, Apresiasi kreasi prakarya, Apresiasi warisan budaya, Apresiasi serta kreasi karya seni. (2) Relevansi materi pokok SBDP Terhadap Higher order thinking skills (HOTS) yaitu struktur keilmuan, karakteristik perkembangan peserta didik, kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS), abad 21 (4C), literasi budaya dan kewarganegaraan, literasi digital, dan pendidikan karakter. (3) Inovasi materi pokok SBDP berbasis integrasi interkoneksi yang berarti menggabungkan materi atau kompetensi SBDP dengan mata pelajaran lain. Pendekatan yang dapat dilakukan yaitu pendekatan intradisipliner, interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner

Downloads

Published

2022-05-19

How to Cite

Dewi, . K. P. ., Pratama, M. D. ., Aisyah, S. ., Syahrial, S., & Noviyanti, S. . (2022). Analisis Materi Pokok Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) Kelas IV Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 333–341. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4315

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6