Analisis Penerapan Praktik Interprofesional Education Terhadap Kepuasan Ibu Yang Mengikuti Kelas Ibu Hamil di PUSKESMAS

Authors

  • Merisa Riski Universitas Kader Bangsa
  • Sunarti Lubis STIKes Keluarga Bunda Jambi
  • Ahmad Arif Universitas Kader Bangsa
  • Siti Aisyah Universitas Kader Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12153

Abstract

Kelas ibu hamil merupakan bentuk pelayanan promotif dan preventif pada masa kehamilan, namun partisipasi ibu hamil dalam mengikuti kelas ibu hamil masih rendah. Partispasi untuk meningkatkan kepuasan dapat dilakukan melalui Interprofessional Cpllaboration  dalam pelayanan kesehatan. Kolaborasi yang efektif dapat dibentuk melalui interprofessional education. ini adalah untuk melihat analisis  penerapan praktek interprofessional education terhadap tingkat kepuasan ibu yang mengikuti kelas ibu hamil. Desain penelitiannya ini yaitu quasy experimental dengan rancangan pre-tes dan post-test control group desain.  Penelitian dilakukan di Puskesmas Kabupaten OKI dari Bulan Desember s.d Mei 2022. Yang melibatkan 3 profesi kesehatan yaitu bidan, ahli gizzi dan dokter dalam IPE. Populasi adalah seluruh ibu hamil yang mengikuti kelas ibu hamil sebanyak 76 orang. Terdiri dari 38 ibu hamil control dan 38 ibu hamil intervensi. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Tingkat kepuasan diukur dengan melakukan wawancara langsung kepada responden. Analisa data menggunakan uji t. menunjukan terdapat perbedaan yang bermakna antara tingkat kepuasan ibu yang mengikuti kelas ibu hamil sebelim dan sesudah penerapan praktik interprofessional educatin pada kelompok intervensi dan terdapat perbedaan yang bermakna tingkat kepuasan ibu yang mengikuti kelas ibu hamil pada kelompok control dan kelompok intervensi dengan pvalua 0,000 (p,0,05). penelitian ini terdapat pengaruh penerapan praktek interprofessional education terhadap tingkat kepuasan ibu yang mengikuti kelas ibu hamil. Disarankan kepada tenaga kesehatan untuk mendapatkan IPE dalam pelaksanaan kelas ibu hamil.

Downloads

Published

2023-02-07

How to Cite

Riski, M. ., Lubis, S. ., Arif, A. ., & Aisyah, S. . (2023). Analisis Penerapan Praktik Interprofesional Education Terhadap Kepuasan Ibu Yang Mengikuti Kelas Ibu Hamil di PUSKESMAS. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5830–5837. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12153