Implikasi Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4306Abstract
Guru merupakan ujung tombak keberhasilan pelaksanaan sebuah pembelajaran. Dalam melaksanakan sebuah pembelajaran dibutuhkan kompetensi-kompetensi tertentu. Menjadi guru yang professional artinya menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki sebagai seorang guru. Guru dituntut memiliki profesionalisme dalam membelajarkan peserta didiknya. Dengan kompetensi yang dimiliki, guru diharapkan dapat membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Seperti yang diketahui, pembelajaran yang dilaksanakan di Sekolah Dasar saat ini adalah pembelajaran tematik. Salah satu karakteristik dari pembelajaran tematik yaitu memberikan suatu pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik. Bagaimana sebuah pembelajaran dapat bermakna membutuhkan kompetensi-kompetensi yang bagus dari seorang guru. Pembelajaran tematik memiliki karakteristik dan kesulitan dalam pelaksanannya, sehingga kompetensi guru sangat diperlukan. Profesionalisme seorang guru dalam menjalankan tugasnya akan berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran. Dibutuhkan penguasaan kelas yang baik dan kreativitas dalam melaksanakan pembelajaran di Sekolah Dasar.Downloads
Published
2022-05-19
How to Cite
Halimatussakdiah, H., Sidik, M. ., Maharani, S. ., & Noviyanti, S. . (2022). Implikasi Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 283–289. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4306
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Halimatussakdiah, Muhammad Sidik, Sari Maharani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).