Implikasi Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

Authors

  • Halimatussakdiah Halimatussakdiah Universitas Jambi
  • Muhammad Sidik Universitas Jambi
  • Sari Maharani Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4306

Abstract

Guru merupakan ujung tombak keberhasilan pelaksanaan sebuah pembelajaran. Dalam melaksanakan sebuah pembelajaran dibutuhkan kompetensi-kompetensi tertentu. Menjadi guru yang professional artinya menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki sebagai seorang guru. Guru dituntut memiliki profesionalisme dalam membelajarkan peserta didiknya. Dengan kompetensi yang dimiliki, guru diharapkan dapat membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Seperti yang diketahui, pembelajaran yang dilaksanakan di Sekolah Dasar saat ini adalah pembelajaran tematik. Salah satu karakteristik dari pembelajaran tematik yaitu memberikan suatu pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik. Bagaimana sebuah pembelajaran dapat bermakna membutuhkan kompetensi-kompetensi yang bagus dari seorang guru. Pembelajaran tematik memiliki karakteristik dan kesulitan dalam pelaksanannya, sehingga kompetensi guru sangat diperlukan. Profesionalisme seorang guru dalam menjalankan tugasnya akan berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran. Dibutuhkan penguasaan kelas yang baik dan kreativitas dalam melaksanakan pembelajaran di Sekolah Dasar. 

Downloads

Published

2022-05-19

How to Cite

Halimatussakdiah, H., Sidik, M. ., Maharani, S. ., & Noviyanti, S. . (2022). Implikasi Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 283–289. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4306

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5