Analisis Pojok Baca dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Haziratul Qudsya Universitas Jambi
  • Yuni faska ayu Universitas Jambi
  • Cindy melinda putri Universitas Jambi
  • Sintia maharani Universitas Jambi
  • Sari Maharani Universitas Jambi
  • Regita Faradila Eka Fitri Universitas Jambi
  • Akhmad Faisal Hidayat Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10403

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengambar analisis pojok baca dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah dasar. Mengartikan kemampuan berliterasi sebagai kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai kegiatan, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan atau berbicara. Salah satu akses literasi ini adalah pojok baca kelas sebagai perpustakaan mini yang dihadirkan dalam kelas sehingga lebih mendekatkan dan mengakrabkan lagi siswa dengan bahan bacaannya dan komunitas jari menari. Penelitian ini dilakukan di SDN 47 Kota Jambi , Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif deskriptif dan dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gerakan literasi pojok baca kelas belum terlaksana secara menyeluruh karena hanya ada 3 sekolah yang memiliki pojok baca kelas masing-masing 1 sampai 2 kelas saja pojok bacanya. Padahal seruan ini sudah dicanangkan oleh pemerintah sejak tahun 2015 untuk mengembalikan budaya baca anak, alasan yang mendasar oleh sekolah adalah keterbatasan dana dan minimnya pengalaman dalam mendesain pojok baca kelas. Dilihat dari eksistensi daya baca anak memberikan gambaran bahwa siswa sangat menyambut baik kehadiran pojok baca di kelasnya ditandai dengan aktivitas dan antusias siswa dalam membaca buku bacaan sebelum pelajaran dimulai dan pada saat jam istrahat.

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Qudsya, H. ., ayu, Y. faska ., putri, C. melinda ., maharani, S. ., Maharani, S. ., Fitri, R. F. E. ., & Hidayat, A. F. . (2022). Analisis Pojok Baca dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12146–12156. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10403