Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatan Keaktifan Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4298Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan aktivitas siswa. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 64/I Muara Bulian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan melalui beberapa tahapan antara lain pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam proses pembelajaran siswa cenderung bosan dan kurang tertarik dengan proses pembelajaran yang berlangsung karena metode yang digunakan hanya ceramah dan monoton. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran juga memiliki peran penting dalam hasil belajar. Model pembelajaran berbasis proyek merupakan pendekatan saintifik dan terdiri dari beberapa tahapan, antara lain mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Melalui berbagai tahapan tersebut siswa dapat meningkatkan perannya dalam proses pembelajaran.Downloads
Published
2022-05-18
How to Cite
Lestasi, F. P. ., Trimadani, D. ., Syahrial, S., & Noviyanti, S. . (2022). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatan Keaktifan Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 247–252. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4298
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Fadila Puji Lestasi, Desnia Trimadani, Syahrial, Silvina Novianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).