Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatan Keaktifan Siswa SD

Authors

  • Fadila Puji Lestasi Universitas Jambi
  • Desnia Trimadani Universitas Jambi
  • Syahrial Syahrial Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4298

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan aktivitas siswa. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 64/I Muara Bulian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan melalui beberapa tahapan antara lain pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam proses pembelajaran siswa cenderung bosan dan kurang tertarik dengan proses pembelajaran yang berlangsung karena metode yang digunakan hanya ceramah dan monoton. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran juga memiliki peran penting dalam hasil belajar. Model pembelajaran berbasis proyek merupakan pendekatan saintifik dan terdiri dari beberapa tahapan, antara lain mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Melalui berbagai tahapan tersebut siswa dapat meningkatkan perannya dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2022-05-18

How to Cite

Lestasi, F. P. ., Trimadani, D. ., Syahrial, S., & Noviyanti, S. . (2022). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatan Keaktifan Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 247–252. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4298

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6