Pembelajaran Ips Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4283Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran IPS berdasarkan kurikulum 2013 di kelas IV SDN 34/I Teratai, serta kendala guru dalam menerapkan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di kelas IV SDN 34/I Teratai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru kelas, dan siswa. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran IPS berdasarkan Kurikulum 2013 telah berjalan dengan baik melalui tahap persiapan, sampai tahap evaluasi. Penerapan Kurikulum 2013 sudah dilaksanakan di kelas IV, yang artinya sudah diterapkan dengan menggunakan Kurikulum 2013. Kendala guru dalam menerapakan kurikum 2013 yang ditemui terkait dengan alokasi waktu, penguasaan kelas dan media pembelajaran, keaktifan peserta didik, cakupan materi dan kompetensi guru dalam penilaian ketrampilan. Upaya mengatasi kendala dalam pelaksanaan kurikulum 2013 yaitu dengan melakukan peningkatkan kompetensi guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan Kurikulum 2013.Downloads
Published
2022-05-17
How to Cite
Hasibuan, E. G., Afdiya, P. ., Parastu, R. A. ., & Noviyanti, S. . (2022). Pembelajaran Ips Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 159–165. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4283
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Eunike Gracella Hasibuan, Putri Afdiya, Rekhano Andria Parastu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).