Pengembangan Media Audio Visual Pada Materi Operasi Hitung Pecahan Dengan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Ida Ayu Kade Ditha Gayatri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4222

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh keterbatasan guru pada penggunaan media pembelajaran yang tepat pada proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran audio visual pada materi operasi hitung pecahan dengan pendekatan kontekstual dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran audio visual pada materi operasi hitung pecahan dengan pendekatan kontekstual. Rancang bangun yang digunakan pada penelitian ini yaitu model ADDIE ((Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluations). Uji rancang bangun produk dilakukan oleh beberapa ahli dan siswa yang meliputi 1 ahli isi pembelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 orang siswa uji coba perorangan, dan 9 orang siswa uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara dan kuesioner. Hasil dari penelitian pengembangan media audio visual yaitu layak digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil data penelitian menunjukkan persentase kelayakan media audio visual menurut para ahli dan uji coba produk secara berurut yaitu sebesar 91,66%, 93,75%, 92,5% , 94%, dan 94,66% secara keseluruhan memiliki kualifikasi sangat baik. Berdasarkan penilaian para ahli dan hasil uji coba produk, dapat disimpulkan bahwa media audio visual pada materi operasi hitung pecahan dengan pendekatan kontekstual layak untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran siswa kelas IV. Kata Kunci: Media Audio Visual, Pendekatan Kontekstual, Pembelajaran Matematika

Downloads

Published

2022-05-01

How to Cite

Ida Ayu Kade Ditha Gayatri, & Agustika, G. N. S. . (2022). Pengembangan Media Audio Visual Pada Materi Operasi Hitung Pecahan Dengan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 10–17. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4222