Pengembangan Media Audio Visual Pada Materi Operasi Hitung Pecahan Dengan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4222Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh keterbatasan guru pada penggunaan media pembelajaran yang tepat pada proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran audio visual pada materi operasi hitung pecahan dengan pendekatan kontekstual dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran audio visual pada materi operasi hitung pecahan dengan pendekatan kontekstual. Rancang bangun yang digunakan pada penelitian ini yaitu model ADDIE ((Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluations). Uji rancang bangun produk dilakukan oleh beberapa ahli dan siswa yang meliputi 1 ahli isi pembelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 orang siswa uji coba perorangan, dan 9 orang siswa uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara dan kuesioner. Hasil dari penelitian pengembangan media audio visual yaitu layak digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil data penelitian menunjukkan persentase kelayakan media audio visual menurut para ahli dan uji coba produk secara berurut yaitu sebesar 91,66%, 93,75%, 92,5% , 94%, dan 94,66% secara keseluruhan memiliki kualifikasi sangat baik. Berdasarkan penilaian para ahli dan hasil uji coba produk, dapat disimpulkan bahwa media audio visual pada materi operasi hitung pecahan dengan pendekatan kontekstual layak untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran siswa kelas IV. Kata Kunci: Media Audio Visual, Pendekatan Kontekstual, Pembelajaran MatematikaDownloads
Published
2022-05-01
How to Cite
Ida Ayu Kade Ditha Gayatri, & Agustika, G. N. S. . (2022). Pengembangan Media Audio Visual Pada Materi Operasi Hitung Pecahan Dengan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 10–17. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4222
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ida Ayu Kade Ditha Gayatri, Gusti Ngurah Sastra Agustika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).