Pengembangan Instrumen Evaluasi Interaktif Berbasis Pendekatan STEAM pada Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD No. 3 Sibanggede
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3570Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan yaitu untuk mengetahui rancang bangun serta mengetahui kelayakan butir soal instrumen evaluasi interaktif berbasis pedekatan STEAM pada kompetensi pengetahuan IPS kelas V SD. Penelitian ini menggunakan pengembangan model ADDIE. Berdasarkan hasil validitas melalui lembar angket validator yaitu hasil validasi ahli isi mata pelajaran 76,67% berkualifikasi baik, serta validasi dua ahli isi mata pelajaran untuk mengetahui kesesuaian butir soal, didapatkan hasil anlisis yaitu 1 yang bermakna bahwa validitas isi butir soal sangat tinggi, ahli desain pembelajaran 87,5% berkualifikasi baik, dan ahli media pembelajaran 92,85% berkualifikasi sangat baik. Selanjutnya yaitu menganalisi kelayakan soal pada instrument evaluasi yang mana subjek dari penelitian ini berjumlah 25 siswa. Dengan soal pilihan ganda berjumalah 40 butir. Hasil analisis soal yang didapat menunjukkan (1) sebanyak 50% dari 40 soal valid, (2) reliabilitas sangat tinggi, (3) 27,5% dari 40 atau sekitar 11 soal mudah, 60% atau 24 soal tingkat kesukarannya sedang, dan 12,5% atau 5 soal berada ditingkat sukar, (4) Sebanyak 77,5% butir soal memiliki daya beda yang kurang baik, 5% dikategorikan baik, dan 10% cukup baik, (5) Hasil dari uji efektivitas pengecoh adalah 23% berkategori sangat baik, 20% berkategori baik, 17% berkategori kurang baik, 17% berkategori jelek, dan 23% berkategori sangat jelek. Jadi dapat disimpulkan dari hasil validasi ahli bahwa instrumen evaluasi interaktif berbasis pendekatan STEAM pada kompetensi pengetahuan IPS layak untuk digunakan serta butir soal yang dapat digunakan hanya 50% dari total 40 soal yang sudah melalui analisis butir soal. ÂDownloads
Published
2022-02-22
How to Cite
Putra, I. G. A. D., Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. . (2022). Pengembangan Instrumen Evaluasi Interaktif Berbasis Pendekatan STEAM pada Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD No. 3 Sibanggede. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 419–433. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3570
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 I Gede Adi Darma Putra, I Gusti Agung Ayu Wulandari, Gusti Ngurah Sastra Agustika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).