Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Main Peran Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Tk Negeri 3 Sijunjung

Authors

  • Fitri Hayani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar
  • Wahidah Fitriani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar
  • Yuliana Nelisma Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3787

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh bimbingan kelompok teknik main peran terhadap kemandirian anak di TK Negeri 3 Sijunjung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik main peran terhadap kemandirian anak di TK Negeri 3  Sijunjung.  Penelitian ini  menggunakan metode eksperimen. Desain eksperimennya adalah Single Subject Research (SSR) atau subjek tunggal tipe A-B. Sampel penelitian adalah 5 orang anak.  Analisis grafis merupakan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik main peran memberikan pengaruh yang positif dalam meningkatkan kemandirian anak di TKN 3 Sijunjung.

Downloads

Published

2022-02-26

How to Cite

Fitri Hayani, Wahidah Fitriani, & Yuliana Nelisma. (2022). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Main Peran Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Tk Negeri 3 Sijunjung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 558–568. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3787