Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Story-Telling Dalam Meningkatkan Empati Peserta Didik Di TKN 2 Sijunjung

Authors

  • Desi Mariani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar
  • Yuliana Nelisma Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar
  • Wahidah Fitriani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3770

Abstract

Pokok permasalahan dalam studi ini adalah belum terlaksananya bimbingan kelompok dengan teknik story-telling (bercerita) dalam meningkatkan empati peserta didik. Tujuan pembahasan ini untuk melihat Penerapan Bimbingan Kelompok dengan teknik bercerita untuk meningkatkan empati peserta didik di TKN 2 Sijunjung.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode Single Subject Research, desian A-B. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelompok B1 TK Negeri 2 Sijunjung. Sampel dalam penelitian ini adalah 3 orang anak TK yang memiliki empati dalam kategori rendan dan sangat rendah. Data yang  diteliti diukur menggunakan pedoman berbentuk cheklist dari observasi yang dilakukan selama proses bimbingan kelompok. Analisis grafis digunakan sebagai teknik untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik bercerita berpengaruh terhadap empati siswa di TK Negeri 2 sijunjung.  

Downloads

Published

2022-02-26

How to Cite

Desi Mariani, Yuliana Nelisma, & Wahidah Fitriani. (2022). Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Story-Telling Dalam Meningkatkan Empati Peserta Didik Di TKN 2 Sijunjung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 508–518. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3770