Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas X Di SMK Zainul Falah

Authors

  • Muhammad Tholibin Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Devy Habibi Muhammad Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3679

Abstract

Metode adalah cara penting dalam pembelajaran sehingga siswa merasa tertarik untuk mengikuti pelajaran yang diajarkan. Metode Demonstrasi adalah suatu cara penyajian dalam proses belajar mengajar dengan mempertunjukan tentang cara melakukan sesuatu disertai dengan penjelasan secara visual dari proses yang jelas sehingga akan lebih mudah dalam menyampaikan materi pelajaran. SMK Zainul Falah khususnya kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ditemukan beberapa masalah yaitu : hasil belajar siswa yang masih rendah, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, serta siswa hanya menonton guru saat pembelajaran karena metode yang digunakan kurang menarik. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah metode Demonstrasi. Jenis Penelltian adalah Penelitian Tindakan Kelas Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Zainul Falah. Hal ini dibuktikan dari Pra Siklus dapat dilihat hanya 50% saja siswa yang hasil belajarnya dikategorikan tuntas, siklus I meningkat menjadi 80%, dan siklus II juga mengalami peningkatan yang sangat memuaskan yaitu 100% siswa yang hasil belajarnya sudah dikategorikan tuntas (diatas KKM).  

Downloads

Published

2022-02-14

How to Cite

Muhammad Tholibin, & Devy Habibi Muhammad. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas X Di SMK Zainul Falah . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 321–332. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3679

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>