PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nurul Nofriani STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Yusnira Yusnira STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.339

Keywords:

Hasil Belajar, Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning), IPA

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA. Hal ini didasarkan pada jumlah siswa yang hasil belajarnya dibawah Kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 75, dari 26 orang siswa 10 orang siswa yang mendapat nilai baik atau diatas KKM, dan 16 orang siswa yang mendapat nilai dibawah KKM. Penelitian ini merupakan tindakan kelas, penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada materi peristiwa alam dengan penerapan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada siswa kelas Va SDN 001 Salo. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2016, subjek penelitian ini adalah siswa kelas Va SDN 001 Salo yang berjumlah 26 orang siswa yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik dokumentasi dan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketuntasan sebelum tindakan hanya mencapai 38,46%, siklus I meningkat menjadi 73,08% dan siklus II meningkat lagi menjadi 92,31%. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi peristiwa alam pada siswa kelas Va SDN 001 Salo.

References

Ain, Anisa Huril. 2013. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ipa Melalui Penerapan Pendekatan Ctl Pada Siswa Kelas Vc Sdn Purwoyoso 03 Semarang. Universitas Negeri Semarang. Semarang: Tidak Dipublikasikan. Pdf. 29 Januari.

Arikunto, S. dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Askara.

Efi. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Konsep Perkembangbiakan Tumbuhan Melalui Pendekatan Kontekstual. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta: Tidak Dipublikasikan. Pdf. 29 Januari.

Elfanany, B. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Araska.

Hartini, Nanik. 2010. Penerapan Model Pembelajaran CTL Untuk Motivasi Belajar IPA Kelas II Sekolah Dasar Negeri 02 Gambir Manis Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Surakarta: Tidak Dipublikasikan. Pdf. 29 Januari.

Johnson, EB. 2014. Contextual Taeching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar- Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Jufri, W. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Moogangga, H. 2013. Jurnal Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sifat Cahaya Melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Diskusi Kelompok Kelas V Sdn 3 Momalia Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Pdf. 29 Januari.

Nurafni. 2014. Penerapan Metode Cotextual Taeching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA

Dikelas IV SDN 010 Siabu Kampar. STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang. Bangkinang: Tidak Dipublikasikan.

Purwanto, MN. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2014. Model- Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya

Taufik, T. 2009. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wisudawati, AW dan Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IP

Downloads

Published

2019-08-05

How to Cite

Nofriani, N., & Yusnira, Y. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 1(1), 38–47. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.339

Issue

Section

Articles