PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Demi Warny Dery Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Kasman Edi Putra Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.338

Keywords:

Model Think Talk Write, Keterampilan Menulis Karangan Narasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan dapat meningkat keterampilan menulis karangan narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III Sekolah Dasar Negeri 015 Tandun melalui penerapan model kooperatif tipe Think Talk Write. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil keterampilan menulis karangan narasi yang tidak mencapai nilai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III tahun ajaran 2018-2019 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dan keterampilan menulis karangan narasi. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan tiap siklus yaitu: perencanaa, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan keterampilan menulis karangan narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sebelum tindakan ketuntasan hasil keterampilan menulis karangan siswa hanya mencapai 25%, lalu pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 30%, siklus I pertemuan II meningkat menjadi 45% dan pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 70% kemudian siklus II pertemuan II meningkat lagi menjadi 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write dapat Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Sekolah Dasar.

References

Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara

Doyin dan Wagiran. (2009). Bahasa Indonesia: Pengantar Penulis Karya Ilmiah. Semarang : UNNES PRESS

Daryanto. (2009). Panduan Proses

Ihsan. (2010). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: GP. Press.

Pembelajaran. Jakarta: AV Publisher.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Pasal 77G

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. 2006. Jakarta: Diperbanyak oleh PT Armas Duta Jaya.

Pebriana, P.H. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Pendidikan Volume 7 Nomor 2, Juni 2017.

Riduan & Sunarto, (2012). Pengantar Statistika untuk Penelitian Tindakan Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi Dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Soyomukti. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Tarmizi. (2013). Peningkatan Menulis Puisi Siswa Dengan Teknik Pemodelan Di Kelas VIIID SMP Negeri 19 Kota Bengkulu.pdf. Universitas Bengkulu.

Downloads

Published

2019-08-05