Implementasi Kurikulum 2013 Saat Pembelajaran Daring di MAN 2 Madiun Melalui Tahapan Perencanaan, Pelaksanaan Dan Evaluasi

Authors

  • Anggi Puspitasari Universitas PGRI Madiun, Jawa Timur
  • Inani Mahmudah Universitas PGRI Madiun, Jawa Timur
  • Clariesa Alit Maharani Universitas PGRI Madiun, Jawa Timur
  • Intan Diyah Pratiwi Universitas PGRI Madiun, Jawa Timur
  • Darmadi Universitas PGRI Madiun, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3297

Abstract

Indonesia adalah negara yang selalu berusaha mengikuti perkembangan Era Globalisasi dan persuasi, setiap pergantian Kepala Negara (Presiden) juga Pergantian Menteri Pendidikan maka perubahan kurikulum pun dilakukan. Kurikulum di Indonesia telah mengalami beberapa perubahan hingga akhirnya kurikulum baru lahir pada tahun 2013, yang biasa kita sebut Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 berjalan cukup baik di beberapa sekolah. Namun pada tahun 2020 di berbagai negara di dunia mengalami pandemi covid-19, hal itu berdampak pada pembelajran sekolah di Indonesia. Yang biasanya siswa melakukan pembelajaran luring kini pembelajaran dilakukan secara daring. Sesuai dengan permasalahan yang terjadi, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis “Bagaimana Penerapan Kurikulum 2013 saat pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 di MAN 2 Madiunâ€. Metode yang digunakan adalah kualitatif yang berdasarkan angka dan data selain itu juga menggunakan penelitian pustaka. Dari hasil penelitian terdapat beberapa problematikayang dialami peserta didik dan guru seperti kurangnya pemahaman materi, sulitnya berkomunikasi, penguasaan tekonologi. Pandemi COVID-19 mempengaruhi banyak hal dalam dunia pendidikan. Sebagai tenaga pendidik, guru harus mencari solusi atas setiap masalah yang terjadi agar kegiatan pembalajaran tetap berjalan dengan baik selama pandemi COVID-19.

Downloads

Published

2022-01-05

How to Cite

Anggi Puspitasari, Inani Mahmudah, Clariesa Alit Maharani, Intan Diyah Pratiwi, & Darmadi. (2022). Implementasi Kurikulum 2013 Saat Pembelajaran Daring di MAN 2 Madiun Melalui Tahapan Perencanaan, Pelaksanaan Dan Evaluasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 41–45. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3297