Implementasi Kurikulum 2013 Saat Pembelajaran Daring di MAN 2 Madiun Melalui Tahapan Perencanaan, Pelaksanaan Dan Evaluasi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3297Abstract
Indonesia adalah negara yang selalu berusaha mengikuti perkembangan Era Globalisasi dan persuasi, setiap pergantian Kepala Negara (Presiden) juga Pergantian Menteri Pendidikan maka perubahan kurikulum pun dilakukan. Kurikulum di Indonesia telah mengalami beberapa perubahan hingga akhirnya kurikulum baru lahir pada tahun 2013, yang biasa kita sebut Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 berjalan cukup baik di beberapa sekolah. Namun pada tahun 2020 di berbagai negara di dunia mengalami pandemi covid-19, hal itu berdampak pada pembelajran sekolah di Indonesia. Yang biasanya siswa melakukan pembelajaran luring kini pembelajaran dilakukan secara daring. Sesuai dengan permasalahan yang terjadi, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis “Bagaimana Penerapan Kurikulum 2013 saat pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 di MAN 2 Madiunâ€. Metode yang digunakan adalah kualitatif yang berdasarkan angka dan data selain itu juga menggunakan penelitian pustaka. Dari hasil penelitian terdapat beberapa problematikayang dialami peserta didik dan guru seperti kurangnya pemahaman materi, sulitnya berkomunikasi, penguasaan tekonologi. Pandemi COVID-19 mempengaruhi banyak hal dalam dunia pendidikan. Sebagai tenaga pendidik, guru harus mencari solusi atas setiap masalah yang terjadi agar kegiatan pembalajaran tetap berjalan dengan baik selama pandemi COVID-19.Downloads
Published
2022-01-05
How to Cite
Anggi Puspitasari, Inani Mahmudah, Clariesa Alit Maharani, Intan Diyah Pratiwi, & Darmadi. (2022). Implementasi Kurikulum 2013 Saat Pembelajaran Daring di MAN 2 Madiun Melalui Tahapan Perencanaan, Pelaksanaan Dan Evaluasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 41–45. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3297
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Anggi Puspitasari, Inani Mahmudah, Clariesa Alit Maharani, Intan Diyah Pratiwi, Darmadi,
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).