Pengaruh Penerapan Soal Hots Sebagai Bagian Dari Kurikulum 2013 Terhadap Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3074Abstract
Matematika merupakan salah satu bidang ilmu yang memiliki peran penting dalam pengembangan kompetensi siswa. Mata pelajaran matematika diperlukan oleh siswa untuk menyelesaikan masalah, melalui proses berhitung serta berpikir. Dalam pembelajaran berbasis kurikulum 2013, siswa dituntut untuk dapat berpikir kritis. Berfikir kritis termasuk dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi yang sering disebut sebagai HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran matematika berbasis HOTS yang merupakan bagian dari kurikulum 2013 terhadap kemampuan siswa dalam memahami pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu 6 guru Sekolah Dasar (SD) yang berasal dari 5 Sekolah Dasar (SD) yang berbeda. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 7 buah pertanyaan terkait dengan pemahaman siswa terhadap pembelajaran matematika berbasis HOTS sebagai bagian dari Kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner online melalui media google form. Analisis data bersifat induktif/kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskripsi. Pengumpulan data dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2021 sampai dengan 31 Oktober 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis HOTS yang merupakan bagian dari kurikulum 2013 sangat efektif bagi siswa karena dapat melatih keaktifan dan kreativitas siswa. Selain itu, dengan adanya kurikulum 2013, siswa dipermudah untuk aktif bertanya pada guru sehingga hal ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan siswa.Downloads
Published
2021-12-08
How to Cite
Darmadi, Ayu Safitri, Anggraeni Dyah Wardani, & Widya Ambar Serly. (2021). Pengaruh Penerapan Soal Hots Sebagai Bagian Dari Kurikulum 2013 Terhadap Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 29–34. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3074
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).