Implementasi dan Normalisasi Metode Pembelajaran Blended Learning di Era Digital (Studi Kasus: Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam IAI DDI Sidenreng Rappang)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran blended-learning pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di STAI DDI Sidenreng Rappang selama pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana kombinasi pembelajaran tatap muka dan online dapat meningkatkan pemahaman, keaktifan, ketepatan jawaban, dan nilai ujian akhir mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Fokus penelitian ini adalah pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di STAI DDI Sidenreng Rappang, khususnya terkait dengan proses pembelajaran mereka selama pandemi Covid-19. Metode ini memungkinkan peneliti untuk mengumpulkan data mendalam tentang pengalaman, persepsi, dan respons mahasiswa terhadap metode pembelajaran blended-learning yang diterapkan selama pandemi. Pendekatan deskriptif membantu dalam mendeskripsikan secara sistematis, faktual, dan akurat tentang fenomena yang diamati, yaitu efektivitas pembelajaran blended-learning dalam konteks yang diteliti.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran blended-learning terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman, keaktifan, ketepatan jawaban, dan nilai ujian akhir mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di STAI DDI Sidenreng Rappang selama pandemi Covid-19. Efektivitas ini didukung oleh peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa, yang konsisten dengan temuan penelitian sebelumnya. Untuk memaksimalkan efektivitas blended-learning, diperlukan strategi penerapan yang baik, termasuk integrasi efektif antara pembelajaran tatap muka dan online, pendidikan karakter, fleksibilitas, aksesibilitas, interaksi yang efektif, serta mengatasi tantangan teknologi dengan dukungan guru atau dosen.Downloads
Published
2022-08-30
How to Cite
Majid, A. R. ., Mujahidin, M., & Asriani, A. (2022). Implementasi dan Normalisasi Metode Pembelajaran Blended Learning di Era Digital (Studi Kasus: Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam IAI DDI Sidenreng Rappang). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6642–6649. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/28834
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ahmad Risal Majid, Mujahidin, Asriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









