Dampak Motivasi Sebagai Instrumen Penunjang Peningkatan Hasil Belajar Siswa: Literature Review

Authors

  • Nurfadillah Muis Institut Agama Islam DDI Sidenreng Rappang
  • M.N Jamalia Institut Agama Islam DDI Sidenreng Rappang
  • Ahmad Risal Majid Institut Agama Islam DDI Sidenreng Rappang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak motivasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana berbagai faktor motivasi, termasuk lingkungan pertemanan yang positif, kebiasaan belajar yang baik, dukungan sosial, dan fokus pada faktor intrinsik serta ekstrinsik, dapat berkontribusi terhadap peningkatan konsentrasi, usaha, dan ketekunan siswa dalam belajar. Hal ini diharapkan dapat memungkinkan siswa untuk memahami dan menguasai materi pembelajaran dengan lebih baik. penelitian ini mungkin menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan studi literatur dan metode analisis data menggunakan deductive reasoning untuk menganalisis dampak motivasi terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi memiliki dampak yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa motivasi tidak hanya berperan dalam meningkatkan konsentrasi, usaha, dan ketekunan siswa dalam belajar, tetapi juga dalam memahami dan menguasai materi pembelajaran dengan lebih baik. Selain itu, penelitian ini menekankan peran penting guru dalam membangun motivasi siswa, khususnya dalam konteks pembelajaran daring, dan menyarankan berbagai strategi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Strategi tersebut meliputi penggunaan metode pembelajaran aktif, pemberian dorongan dan insentif, pemenuhan kebutuhan peserta didik, mencari minat siswa, menggunakan metode pembelajaran yang beragam, menciptakan suasana kelas yang kondusif, dan melibatkan seluruh siswa dalam aktivitas kelas.

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Muis, N. ., Jamalia, M. ., & Majid, A. R. . (2022). Dampak Motivasi Sebagai Instrumen Penunjang Peningkatan Hasil Belajar Siswa: Literature Review. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6635–6641. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/27652