Dampak Motivasi Sebagai Instrumen Penunjang Peningkatan Hasil Belajar Siswa: Literature Review
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak motivasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana berbagai faktor motivasi, termasuk lingkungan pertemanan yang positif, kebiasaan belajar yang baik, dukungan sosial, dan fokus pada faktor intrinsik serta ekstrinsik, dapat berkontribusi terhadap peningkatan konsentrasi, usaha, dan ketekunan siswa dalam belajar. Hal ini diharapkan dapat memungkinkan siswa untuk memahami dan menguasai materi pembelajaran dengan lebih baik. penelitian ini mungkin menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan studi literatur dan metode analisis data menggunakan deductive reasoning untuk menganalisis dampak motivasi terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi memiliki dampak yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa motivasi tidak hanya berperan dalam meningkatkan konsentrasi, usaha, dan ketekunan siswa dalam belajar, tetapi juga dalam memahami dan menguasai materi pembelajaran dengan lebih baik. Selain itu, penelitian ini menekankan peran penting guru dalam membangun motivasi siswa, khususnya dalam konteks pembelajaran daring, dan menyarankan berbagai strategi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Strategi tersebut meliputi penggunaan metode pembelajaran aktif, pemberian dorongan dan insentif, pemenuhan kebutuhan peserta didik, mencari minat siswa, menggunakan metode pembelajaran yang beragam, menciptakan suasana kelas yang kondusif, dan melibatkan seluruh siswa dalam aktivitas kelas.Downloads
Published
2022-07-31
How to Cite
Muis, N. ., Jamalia, M. ., & Majid, A. R. . (2022). Dampak Motivasi Sebagai Instrumen Penunjang Peningkatan Hasil Belajar Siswa: Literature Review. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6635–6641. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/27652
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nurfadillah Muis, M.N Jamalia, Ahmad Risal Majid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









