Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gelombang Kelas VIII SMP Negeri 1 Lau Baleng
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.20820Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi gelombang kelas VIII SMP Negeri 1 Lau Baleng . Jenis penelitian ini adalah true experimental design dengan menggunakan teknik simple random sampling. hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 41,06 dan nilai rata-rata kelas kontrol 38,94. Perhitungan uji t diperoleh thitung = 0,81 < ttabel = 2,0012 pada taraf signifikan ? = 0,05, ini berarti tidak ada perbedaan signifikan pada kemampuan awal peserta didik. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 75,30 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 67,58. Uji prasyarat menyatakan bahwa populasi berdistribusi normal dan homogen. Setelah itu uji hipotesis penelitian dilakukan menggunakan uji t satu pihak (pihak kanan).hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,95 > ttabel = 1,67 pada taraf signifikan ? = 0,05. hubungan masing-masing variabel diindikasikan berpengaruh signifikan melalui uji regresi dengan hasil Y = 6,23+ 0,95X. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran discovery learning dapat mempengaruhi hasil belajar dan aktivitas peserta didik pada materi gelombang kelas VIII SMP Negeri 1 Lau Baleng TP 2019/2020. Dimana besar peningkatan hasil belajarnya sebesar 19,55%.Downloads
Published
2021-06-30
How to Cite
Pane, J., Manalu, A. ., Sijabat, M. K. ., & Sitinjak, E. K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gelombang Kelas VIII SMP Negeri 1 Lau Baleng. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 185–191. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.20820
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Januaris Pane, Andriono Manalu, Marcellina Katarina Sijabat, Erni Kusrini Sitinjak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).