Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Tekanan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.20818Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar peserta didik pada materi tekanan kelas VIII di SMP Negeri 5 Kabun TP 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental Design dengan desain penelitian Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Kabun. Sampel dalam penelitian dengan teknik Random Sampling yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 70,47, varians 158, 64 dan standar deviasi 12,60 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 62,74, varians 143,06 dan standar deviasi 11,96. Sedangkan hubungan masing-masing variabel diindikasikan berpengaruh signifikan melalui uji regresi dengan perolehan hasil Y = 22,80 + 0,75 X. Melalui uji t satu pihak untuk data postes kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk ? = 0,05 dan dk = 61 diperoleh thitung = 2,51 dan ttabel = 1,66 dengan thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar peserta didik pada materi tekanan kelas VIII di SMP Negeri 5 Kabun TP 2019/2020.Downloads
Published
2021-06-30
How to Cite
Manalu, A. ., Sigiro, M. ., Simarmata, N. C. V. ., & Sitinjak , E. K. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Tekanan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 180–184. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.20818
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Andriono Manalu, Mula Sigiro, Nindy Claudia Veronika Simarmata, Erni Kusrini Sitinjak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).