Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Hiliduho Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18002Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari pengamatan peneliti pada pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri 1 Hiliduho yang selama ini mengalami hambatan dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Tipe Think Pair Share pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Hiliduho Tahun Pelajaran 2022/2023 dan (2) untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Tipe Think Pair Share pada mata IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Hiliduho Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII dengan jumlah siswa 22 orang. Insrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, tes hasil belajar dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) Hasil observasi guru pada siklus I mencapai rata-rata 49,03%, sedangkan pada siklus II adalah 89,42%. (2) Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 49,56%, dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,21%. (3) Hasil evaluasi pembelajaran pada siklus I diperoleh mencapai rata-rata yaitu 68,82 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,81. (4) Presentase ketuntasan yang dicapai pada siklus I adalah sebesar 45,45% dan siklus II mencapai sebesar 86,36%. Kesimpulannya bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajar IPS dengan penerapan model pembelajaran Tipe Think Pair Share di kelas VIII SMP Negeri 1 Hiliduho Tahun Pelajaran 2022/2023.Downloads
Published
2023-08-25
How to Cite
Waruwu, O. O., & Zebua, S. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Hiliduho Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 655–663. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18002
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Oscar Olta Waruwu, Serniati Zebua
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).