Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Hiliduho Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Oscar Olta Waruwu Universitas Nias
  • Serniati Zebua Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18002

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari pengamatan peneliti pada pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri 1 Hiliduho yang selama ini mengalami hambatan dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Tipe Think Pair Share pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Hiliduho Tahun Pelajaran 2022/2023 dan (2) untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Tipe Think Pair Share pada mata IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Hiliduho Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII dengan jumlah siswa 22 orang. Insrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, tes hasil belajar dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) Hasil observasi guru pada siklus I mencapai rata-rata 49,03%, sedangkan pada siklus II adalah 89,42%. (2) Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 49,56%, dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,21%. (3) Hasil evaluasi pembelajaran pada siklus I diperoleh mencapai rata-rata yaitu 68,82 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,81. (4) Presentase ketuntasan yang dicapai pada siklus I adalah sebesar 45,45% dan siklus II mencapai sebesar 86,36%. Kesimpulannya bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajar IPS dengan penerapan model pembelajaran Tipe Think Pair Share di kelas VIII SMP Negeri 1 Hiliduho Tahun Pelajaran 2022/2023.

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Waruwu, O. O., & Zebua, S. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Hiliduho Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 655–663. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18002