Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Tuhemberua Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17974Abstract
Kesulitan belajar adalah suatu kondisi dimana siswa tidak dapat belajar secara wajar yang ditandai dengan adanya hambatan-hambatan dalam mencapai tujuan atau hasil belajar. Kesulitan belajar dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut adalah faktor internal (faktor yang berasal dari dalam diri siswa) dan faktor eksternal (faktor yang berasal dari luar diri siswa). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktok yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 2 Tuhemberu Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian ini mengunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data yaitu melalui (1) Observasi, (2) Wawancara dan (3) Dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan model analisis Miles dan Huberman yang mencakup renduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis, secara spesifik disimpulkan bahwa: kesulitan belajar siswa Di pengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. (1) faktor internal kesulitan belajar siswa dipengaruhi oleh faktor psikologi yaitu kurangnya siswa memahami materi dan kurangnya minat siswa dan pembelajaran IPS Terpadu. Faktor kesehatan mental yaitu kondisi fisik siswa yang kurang sehat. (2) faktor eksternal yaitu faktor keluarga dimana kurangnya kepedulian orang tua dengan anaknya, dan faktor ekonomi keluarga yang tergolong kurang mampu. Faktor sekolah, dimana kurangnya buku pelajaran sehingga mengakibatkan siswa kesulitan belajar.Downloads
Published
2023-08-25
How to Cite
Zega, J., & Zebua, S. . (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Tuhemberua Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 664–674. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17974
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Jerniawan Zega, Serniati Zebua
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).