Minat Siswa Kelas XI Ipa Terhadap Permainan Bola Voli Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 1 Kampar Timur
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17621Abstract
Latarbelakang masalah penelitian kurangnya minat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran permainan bolavoli, diantaranya kurang menariknya penyajian aktivitas permainan bolavoli ini oleh guru di sekolah. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar minat siswa kelas XI IPA terhadap permainan bolavoli dalam pembelajaran pendidikan jasmani di SMA Negeri 1 Kampar Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang meneliti tentang minat siswa kelas XI SMAN 1 Kampar Timur terhadap permainan bolavoli dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Dalam penelitian ini sebagai populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMAN Kampar Timur yang berjumlah 104 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Kampar Timur yang berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert atau angket yaitu berupa pernyataan yang dikembangkan sesuai dengan tujuan penelitian dan pernyataan tersebut tidak menyulitkan responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menjalankan angket kepada responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini Observasi, Angket, dan Kepustakaan. Setelah data terkumpul melalui angket, data tersebut diolah dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan pengolahan data dan analisa data yang telah dilakukan kesimpulan dalam penelitian ini adalah minat siswa terhadap permainan bolavoli dalam pembelajaran pendidikan jasmani Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kampar Timur dengan rata-rata 76% dengan kategori kuatDownloads
Published
2023-08-10
How to Cite
Lestari, A., Henjilito, R. ., & Parulian, T. . (2023). Minat Siswa Kelas XI Ipa Terhadap Permainan Bola Voli Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 1 Kampar Timur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 323–330. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17621
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ayu Lestari, Raffly Henjilito, Toktong Parulian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).