Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembeajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick di kelas V SD

Authors

  • Lusfiana Khairunnisa Universitas Negeri Padang
  • Nur Azmi Alwi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17506

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Talking Stick di kelas V SDN 10 Puhun Pintu Kabun Kota Bukittinggi.Penelitian ini dilaksanakan di SDN 10 Puhun Pintu Kabun Kota Bukittinggi dengan subjek penelitiannya adalah guru beserta siswa di kelas V. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dilaksanakan 2 pertemuan dan siklus II dilaksankan 1 pertemuan.Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di siklus I diperoleh rata-rata 86,10%(B) dan pada siklus II meningkat menjadi 94,44%(A). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata yaitu 77,5%(C), dan pada siklus II meningkat menjadi 97,5%(A). Aspek peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 76,25%(C), dan pada siklus II meningkat menjadi 97,5%(A). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 78,25 dan pada siklus II meningkat menjadi 90,47.Dengan demikian model Cooperative Learning Tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Downloads

Published

2023-08-06

How to Cite

Khairunnisa, L., & Alwi, N. A. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembeajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick di kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 284–290. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17506