Peningkatan Hasil belajar Tematik terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay di Kelas V SDN 04 Garegeh Mandiangin Kota Selayan Kota Bukittinggi

Authors

  • Rini Rini Universitas Negeri Padang
  • Nur Azmi Alwi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14029

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tema terpadu menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Tujuan penelitian adalah untuk memberikan penjelasan atas kenaikan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dalam penelitian tindakan kelas. Subjek kajian ini adalah 20 instruktur dan siswa kelas 5 SDN 04 Garegeh, Bukittinggi. Data pelaksanaan, hasil belajar, dan data penilaian RPP. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan metode lain selain tes. Pada siklus I rata-rata peningkatan RPP sebesar 86,36 persen, sedangkan pada siklus II sebesar 95,45 persen. Aktivitas siswa dalam menyelesaikan Siklus I rata-rata 84,08%, sedangkan aktivitas siswa dalam menyelesaikan Siklus II rata-rata 93,18%. Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 77,35, sedangkan hasil belajar guru rata-rata 88,55. Model pembelajaran kooperatif CRH mungkin dapat mendongkrak prestasi belajar siswa.

Downloads

Published

2023-04-19

How to Cite

Rini, R., & Alwi, N. A. . (2023). Peningkatan Hasil belajar Tematik terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay di Kelas V SDN 04 Garegeh Mandiangin Kota Selayan Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4756–4762. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14029