Pengaruh Perkembangan Psikologi Anak Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kabupaten Pesawaran
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17470Abstract
Anak usia sekolah dasar, terjadi perubahan besar dalam pertumbuhan kehidupannya, mereka mengalami peristiwa penting yang dapat menimbulkan perubahan sikap, nilai dan perilaku. Cakupan sekolah SD/MI yang melakukan pelayanan kesehatan di Indonesia tahun 2021 sebesar 57,5%. Cakupan pelayanan kesehatan pada siswa SD/MI yang mendapatkan pelayanan kesehatan di Provinsi Lampung 62% dan di Kabupaten Pesawaran 11,2%. Tujuan diketahui faktor yang mempengaruhi perkembangan psikologi anak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kabupaten Pesawaran. Penelitian kuantitatif pendekatan cross sectional, sampel 56 peserta didik MI. Teknik pemilihan responden menggunakan random sampling sederhana. Analisis data dengan Chi Square dan Regresi logistic ganda. Hasil penelitian terdapat 53,6% lingkungan sosial kurang baik, 62,5% keluarga yang baik, 60,7% sosial budaya yang mendukung, 58,9% yang penggunaan gadget, 48,2% pengaruh normatif dan non normative yang baik, 60,7% perkembangan psikologi baik. Ada hubungan lingkungan sosial sekitar (p-valeu 0,010), keluarga (p-value 0,001), sosial budaya (p-value 0,0007), penggunaan gadget (p-value 0,002), pengaruh normatif dan non normative (0,001) terhadap perkembangan psikologi anak. Disimpulkan variable lingkungan sosial, keluarga, sosial budaya, penggunaan gadget, pengaruh normatif dan non normative berhubungan dengan perkembangan psikologi anak. Faktor yang paling berhubungan adalah lingkungan sosial. Kata Kunci: Lingkungan sosial, Gadget, Keluarga, Normative, perkembangan psikologiDownloads
Published
2023-08-05
How to Cite
Taufik, . R., Samino, S., & Setiawati, . O. R. (2023). Pengaruh Perkembangan Psikologi Anak Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kabupaten Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 230–242. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17470
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Rohman Taufik, Samino, Octa Reni Setiawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).