Pengaruh Perkembangan Psikologi Anak Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kabupaten Pesawaran

Authors

  • Rohman Taufik Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kabupaten Pesawaran
  • Samino Samino Universitas Malahayati Bandar Lampung
  • Octa Reni Setiawati Universitas Malahayati Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17470

Abstract

Anak usia sekolah dasar, terjadi perubahan besar dalam pertumbuhan kehidupannya, mereka mengalami peristiwa penting yang dapat menimbulkan perubahan sikap, nilai dan perilaku. Cakupan sekolah SD/MI yang melakukan pelayanan kesehatan di Indonesia tahun 2021 sebesar 57,5%. Cakupan pelayanan kesehatan pada siswa SD/MI yang mendapatkan pelayanan kesehatan di Provinsi Lampung 62% dan di Kabupaten Pesawaran 11,2%. Tujuan diketahui faktor yang mempengaruhi perkembangan psikologi anak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kabupaten Pesawaran. Penelitian kuantitatif pendekatan cross sectional, sampel 56 peserta didik MI.  Teknik pemilihan responden menggunakan random sampling sederhana. Analisis data dengan Chi Square dan Regresi logistic ganda.  Hasil penelitian terdapat 53,6% lingkungan sosial kurang baik, 62,5% keluarga yang baik, 60,7% sosial budaya yang mendukung, 58,9% yang penggunaan gadget, 48,2% pengaruh normatif dan non normative yang baik, 60,7% perkembangan psikologi baik. Ada hubungan lingkungan sosial sekitar (p-valeu 0,010), keluarga (p-value 0,001), sosial budaya (p-value 0,0007), penggunaan gadget (p-value 0,002), pengaruh normatif dan non normative (0,001) terhadap perkembangan psikologi anak. Disimpulkan variable lingkungan sosial, keluarga, sosial budaya, penggunaan gadget, pengaruh normatif dan non normative berhubungan dengan perkembangan psikologi anak. Faktor yang paling berhubungan adalah lingkungan sosial. Kata Kunci: Lingkungan sosial, Gadget, Keluarga, Normative, perkembangan psikologi

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Taufik, . R., Samino, S., & Setiawati, . O. R. (2023). Pengaruh Perkembangan Psikologi Anak Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kabupaten Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 230–242. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17470