Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Example Non Example Di Kelas V SD

Authors

  • Annisa Afriani Batubara Universitas Negeri Padang
  • Hamimah Hamimah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17367

Abstract

Penelitian dilatar belakangi dari hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menggunakan model Cooperative Learning tipe Example Non Example dikelas V SDN 10 Sapiran kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dilaksanakan 2 pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a)RPP siklus I dengan rata-rata 84,7% (B), siklus II 94,44% (AB), b)pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 79,7% (C), siklus II 93,75% (AB),  sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata yakni  79,7% (C), siklus II 96,9% (AB), c)penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I dengan rata-rata 73,97 (C) dan siklus II menjadi 87,54 (B). dapat disimpulkan bahwa menggunakan model ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2023-08-03

How to Cite

Batubara, . A. A. ., & Hamimah, H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Example Non Example Di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 155–162. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17367