Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Scramble Di Kelas V SD Negeri 29 Koto Hilalang Kabupaten Agam
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14705Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kondisi ini disebabkan karena guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi sehingga peserta didik di kelas V SD Negeri 29 Koto Hilalang Kabupaten Agam kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Scramble di kelas V SD Negeri 29 Koto Hilalang Kabupaten Agam.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan hasil tes. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas V Sekolah Dasar dengan jumlah 21 peserta didik.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I di mulai dengan hasil analisis penyusunan: a) RPP menunjukkan rata-rata 85% (B) dan siklus II menjadi 94% (A), b) Pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata 83% (B) dan siklus II 94% (A), sedangkan pelaksanaan aspek peserta didik siklus I rata-rata 83% (B), dan siklus II menjadi 91% (B), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 75 (C) dan siklus II 91 (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning tipe Scramble dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.Downloads
Published
2023-05-15
How to Cite
Erika, . . M. ., & Hamimah, H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Scramble Di Kelas V SD Negeri 29 Koto Hilalang Kabupaten Agam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 148–155. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14705
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Maulida Erika, Hamimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).