Students’ Perception On English Online Learning During Covid Pandemic At SMPN 5 Lubuk Alung Academic Year 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17351Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi siswa tentang penerapan belajar daring bahasa inggris selama pandemi covid di SMPN 5 Lubuk Alung. Hal tersebut dilakukan kepada di SMPN 5 Lubuk Alung karena seluruh siswa telah melaksanakan proses pembelajaran daring. Masalah yang ditemui adalah siswa merasa bosan ketika belajar daring, siswa memiliki kendala dengan banyaknya pelajaran online, dan siswa kesulitan untuk memahami materi pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian survei. Data dikumpulkan menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di kelas tujuh, delapan dan sembilan di SMPN 5 Lubuk Alung. Peneliti menggunakan teknik random sampling untuk menentukan sampel. Sampel pada penelitian ini berjumlah 219 responden pada tahun ajaran 2021/2022. Untuk menganalisis data, peneliti menghitung persentase dari setiap pernyataan yang diberikan oleh siswa, mengetahui mean masing-masing sub variable dan membuat kesimpulan dengan level rating quality. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran daring bahasa inggris selama pandemi covid di SMPN 5 Lubuk Alung memiliki respon yang positif, kebanyakan dari siswa sepakat dengan keunggulan dari belajar daring. Sayangnya akses internet yang tidak merata serta tidak stabil serta kesediaan perangkat seperti ponsel pintar dan laptop tidak cukup memadai. Para siswa juga kesulitan dalam memahami materi yang diberikan oleh guru serta kesulitan dalam mengerjakan tugas individu maupun kelompok. Berdasarkan dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa siswa dapat menikmati keunggulan yang diberikan oleh pembelajaran daring, namun perubahan secara tiba-tiba serta kurangnya persiapan, menimbulkan beberapa masalah. Oleh karena itu, guru dan siswa diharapkan untuk dapat menciptakan atmosfer pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. Kata kunci: Persepsi Siswa, Pembelajaran DaringDownloads
Published
2023-08-04
How to Cite
Saputra, N. D. ., Reflinda, R., Syahrul, S., & Melani, M. . (2023). Students’ Perception On English Online Learning During Covid Pandemic At SMPN 5 Lubuk Alung Academic Year 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 180–184. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17351
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nofriadi Dodi Saputra, Reflinda Reflinda, Syahrul Syahrul, Melyann Melani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).