The Effect Of Using Dicto-Comp Towards The Students’ Ability In Writing Descriptive Text
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14527Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang ditemukan di salah satu SMPN di Harau. Pertama, ditemukan bahwa siswa tidak dapat menulis beberapa ejaan dengan benar. Kedua, guru mengatakan bahwa siswa selalu mengeluh ketika diminta untuk menulis. Ketiga, siswa kurang memahami tulisan mereka sendiri dan guru hanya menggunakan satu teknik dalam mengajar bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan Dicto-Comp terhadap kemampuan menulis siswa. Penulis menggunakan penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksperimen karena bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan tulisan siswa Dicto-Comp. Penulis memilih penelitian quasi eksperimen yaitu penelitian yang menyerupai penelitian eksperimen tetapi bukan penelitian eksperimen yang sesungguhnya. Penulis memilih Pre-test Post-test Control Design, dimana dalam desain ini terdapat dua kelompok dalam penelitian ini. Kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan Dicto-Comp dan kelompok kontrol diberi perlakuan tanpa menggunakan Dicto-Comp antara pre-test dan post-test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes tersebut berupa menulis teks deskriptif dimana siswa diberikan beberapa topik dan mereka harus membuat teks deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil post-test kelas eksperimen diperoleh (9,281) lebih tinggi dari ttabel (2,00) dengan derajat kebebasan (df) = 60. Dengan demikian hipotesis alternatif (ha) diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Teknik Dicto-Comp terhadap kemampuan menulis teks deskriptif siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa intire hipotesis diterima. Terbukti bahwa Teknik Dicto Comp dapat membantu siswa dalam meningkatkan dan melibatkan kemampuan menulis teks deskriptif mereka dan Teknik Dicto-Comp direkomendasikan untuk digunakan dalam pelajaran bahasa Inggris dalam pengajaran menulis teks deskriptif.Downloads
Published
2023-04-30
How to Cite
Oston, . A. K. ., & Reflinda, R. (2023). The Effect Of Using Dicto-Comp Towards The Students’ Ability In Writing Descriptive Text. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5582–5591. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14527
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Arrom Kenanga Oston, Reflinda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).