Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Mata Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Rejang Lebong
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17339Abstract
Penelitian ini membahas problematika penerapan kurikulum merdeka dalam mata pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMKN 1 Rejang Lebong. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan kepala sekolah, wakil kurikulum, guru PAI dan siswa SMKN 1 Rejang lebong, observasi langsung dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI di SMKN 1 Rejang Lebong masih dalam proses penyesuaian dikarenakan implementasi kurikulum merdeka yang masih baru dilaksanakan di SMKN 1 Rejang Lebong. Oleh sebab itu terdapat problematika yang dihadapi oleh guru PAI dalam menerapkan kurikulum merdeka yaitu seperti kesulitan dalam mengubah pola pikir dan kebiasaan dalam proses pembelajaran, minimnya pengetahuan guru PAI tentang kurikulum merdeka, serta terdapatnya perbedaan perangkat pembelajaran kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan meningkatkan pengetahuan dan kompetensi guru PAI tentang kurikulum merdeka serta dengan cara kepala sekolah mengintruksikan guru PAI untuk mengikuti workshop/pelatihan/seminar tentang implementasi kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran. Upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru PAI dalam menanggulangi problematika dalam penerapan kurikulum merdeka dapat memberikan dampak positif terhadap pengetahuan, kompetensi guru PAI sehingga implementasi kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat berjalan optimal sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan. Kata kunci : Problematika, Penerapan, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama IslamDownloads
Published
2023-08-10
How to Cite
Sari, N. ., Riani, W. ., Lestari, W. ., Berliana, E. ., & Kamelia, A. . (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Mata Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Rejang Lebong. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 346–354. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17339
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nelfa Sari, Widia Riani, Winda Lestari, Elsa Berliana, Aprija Kamelia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).