Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Reguler Dan Binsus SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.15653Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Responden yang digunakan dalam penelitian yaitu berjumlah 63 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan observasi. Data dari angket yang telah disebar ke siswa dianalisis menggunakan statistik dengan uji validitas, uji reliabilitas dan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa tidak terdapat pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh dengan menggunakan uji t adalah hasil dari uji hipotesis diketahui nilai t hitung = 0,584 < 2,042 nilai t tabel dengan nilai signifikansi 0,563 > 0,05 maka H0 diterima dan Ha ditolak, berarti variabel bebas (status sosial ekonomi orang tua kelas reguler) tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat (prestasi belajar siswa). Dengan demikian, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa status sosial ekonomi orang tua tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar.Downloads
Published
2023-04-30
How to Cite
Suparmi, S., Murdy, K. ., Maulidun, M., & Alim, M. L. . (2023). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Reguler Dan Binsus SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5956–5962. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.15653
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Suparmi, Khairi Murdy, Maulidun, Melvi Lemana Alim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).