Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Reguler Dan Binsus SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru

Authors

  • Suparmi Suparmi STKIP Aisyiyah Riau
  • Khairi Murdy STKIP Aisyiyah Riau
  • Maulidun Maulidun STKIP Aisyiyah Riau
  • Melvi Lemana Alim Universitas Pahlawan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.15653

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Responden yang digunakan dalam penelitian yaitu berjumlah 63 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan observasi. Data dari angket yang telah disebar ke siswa dianalisis menggunakan statistik dengan uji validitas, uji reliabilitas dan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa tidak terdapat pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh dengan menggunakan uji t adalah hasil dari uji hipotesis diketahui nilai t hitung = 0,584 < 2,042 nilai t tabel dengan nilai signifikansi 0,563 > 0,05 maka H0 diterima dan Ha ditolak, berarti variabel bebas (status sosial ekonomi orang tua kelas reguler) tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat (prestasi belajar siswa). Dengan demikian, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa status sosial ekonomi orang tua tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Suparmi, S., Murdy, K. ., Maulidun, M., & Alim, M. L. . (2023). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Reguler Dan Binsus SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5956–5962. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.15653