Telaah Kurikulum Dari Masa Ke Masa:Studi Evaluasi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15613Abstract
Mulai tahun 1945, kurikulum pendidikan nasional menjalani perubahan yang dilaksanakan dalam tahun 1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, 2006, 2013, dan saat ini pada tahun 2024 akan diterapkan kurikulum Merdeka. Perubahan ini adalah hasil yang tak terhindarkan dari perubahan sistem politik, sosial budaya, ekonomi dan teknologi dalam bernegara dan masyarakat berbangsa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dari waktu ke waktu bagaimana kurikulum dikembangkan lewat proses evaluasi dan mengutip konten dari beberapa jurnal. Penelitian ini mengambil metode penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekata kualitatif. Hasil penelitian evaluasi pengembangan kurikulum di Indonesia merupakan penilaian terhadap dampak positif dan negatif pengembangan kurikulum di Indonesia serta program perubahan kursus sesekali juga efektif.Downloads
Published
2023-06-12
How to Cite
Hasibuan, A. T. ., Batubara, S. A. ., Khairani, M. ., & Siagian, E. A. . (2023). Telaah Kurikulum Dari Masa Ke Masa:Studi Evaluasi . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 313–319. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15613
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Tarmizi Hasibuan, Sapna Andani Batubara, Masitah Khairani, Eka Anggraini Siagian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).