Implementasi Dongeng Sains dalam Pembelajaran IPA terhadap Literasi Sains pada Siswa Kelas V SD Negeri 067255
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11585Abstract
Pembelajaran IPA terkadang menyebabkan siswa menjadi bosan saat kegiatan belajar mengajar dikarenakan media pembelajaran yang digunakan tidak ada, oleh sebab itu dibutuhkan suatu kreatifitas guru dalam mengajarkan materi IPA di MI/SD ini. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan dongen sains pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan literasi sains peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 44 siswa yang berasal dari 2 kelas yaitu kelas 5 sd Negeri 067255. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah 20 siswa, dimana peneliti hanya mengambil 10 siswa saja dari masing-masing kelas 5 di SD Negeri 067255. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, tes tertulis berupa soal essay dongeng sains, serta tes berupa angket. Hasil dari penelitian ini implementasi atau penerapan dongeng sains ini memberikan dampak positif dan juga hasil yang baik. Siswa sudah memahami soal literasi sains melalui dongeng sains tersebut. Dan juga minat belajar IPA siswa bertambah melalui penerapan dongeng sains.Downloads
Published
2023-01-15
How to Cite
Harahap, W. P. A. ., Khairani, M. ., Pohan, Y. Y. ., & Nugraha, A. . (2023). Implementasi Dongeng Sains dalam Pembelajaran IPA terhadap Literasi Sains pada Siswa Kelas V SD Negeri 067255. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3595–3598. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11585
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Wan Putri Azizah Harahap, Masitah Khairani, Yusri Yanti Pohan, Aditya Nugraha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).