Implementasi Dongeng Sains dalam Pembelajaran IPA terhadap Literasi Sains pada Siswa Kelas V SD Negeri 067255

Authors

  • Wan Putri Azizah Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Masitah Khairani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yusri Yanti Pohan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Aditya Nugraha Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11585

Abstract

Pembelajaran IPA terkadang menyebabkan siswa menjadi bosan saat kegiatan belajar mengajar dikarenakan media pembelajaran yang digunakan tidak ada, oleh sebab itu dibutuhkan suatu kreatifitas guru dalam mengajarkan materi IPA di MI/SD ini. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan dongen sains pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan literasi sains peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 44 siswa yang berasal dari 2 kelas yaitu kelas 5 sd Negeri 067255. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah 20 siswa, dimana peneliti hanya mengambil 10 siswa saja dari masing-masing kelas 5 di SD Negeri 067255. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, tes tertulis berupa soal essay dongeng sains, serta tes berupa angket. Hasil dari penelitian ini implementasi atau penerapan dongeng sains ini memberikan dampak positif dan juga hasil yang baik. Siswa sudah memahami soal literasi sains melalui dongeng sains tersebut. Dan juga minat belajar IPA siswa bertambah melalui penerapan dongeng sains.

Downloads

Published

2023-01-15

How to Cite

Harahap, W. P. A. ., Khairani, M. ., Pohan, Y. Y. ., & Nugraha, A. . (2023). Implementasi Dongeng Sains dalam Pembelajaran IPA terhadap Literasi Sains pada Siswa Kelas V SD Negeri 067255. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3595–3598. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11585

Most read articles by the same author(s)