Test Teacher Ability in Learning Evaluation in the Era of Independent Learning
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.15237Abstract
Salah satu konsep Merdeka belajar adalah memberikan kebebasan kepada guru untuk memfasilitasi pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Guru harus mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program pembelajaran secara mandiri. Di sekolah, guru memiliki peran dan faktor penentu dalam pencapaian tujuan pembelajaran, dan diperlukan tindakan penilaian untuk menentukan keberhasilan tujuan program pembelajaran. Fungsi evaluasi ini penting untuk mengevaluasi keberhasilan program dan mengambil keputusan. Oleh karena itu, guru harus mampu melakukan penilaian. Tujuan dari penelitian ini adalah misalnya. 1) memahami konsep evaluasi 2) menjelaskan kompetensi guru dalam melakukan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penulisan majalah ini adalah kajian literatur, dimana data penelitian dari berbagai teori sastra diolah dan dianalisis, kemudian dideskripsikan sedemikian rupa sehingga menghasilkan hasil yang harus dipahami terlebih dahulu oleh guru dengan konsep evaluasi terlebih dahulu. Penekanan diberikan pada pengertian, tujuan, tugas pokok dan cara penilaian, sedangkan kualifikasi guru kegiatan penilaian meliputi keahlian dalam perencanaan program penilaian, desain program penilaian, pengembangan dan implementasi program penilaian, dan evaluasi program penilaian. Penilaian diri membutuhkan kemampuan untuk merencanakan, mengevaluasi, mengolah, melaporkan dan menggunakan data dari hasil penilaian.Downloads
Published
2023-04-30
How to Cite
Astuti, M. ., Maryani, S. ., Mubarokah, P. ., Febriani, A. R. ., & Dalimunthe, R. M. R. . (2023). Test Teacher Ability in Learning Evaluation in the Era of Independent Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5912–5917. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.15237
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Mardiah Astuti, Siti Maryani, Pintaria Mubarokah, Aulia Rizki Febriani, Rahma Miftahul Rizki Dalimunthe
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).