Peran Pendidikan Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Hisny Fajrussalam Universitas Pendidikan Indonesia
  • Alifia Nur Azizah H.A Universitas Pendidikan Indonesia
  • Firra Dwi Nur’ani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hilma Innayah Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ranisa Devi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14655

Abstract

Pendidikan aqidah akhlak merupakan pendidikan awal atau pondasi agama yang harus dimiliki anak sejak dini, pendidikan aqiah akhlak di sekolah dasar sudah terintegrasi pada mata pelajaran pendidikan agam islam. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan yaitu menjadikan siswa sebagai manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Aqidah sendiri mengacu pada keyakinan dan keimanan kepada Allah SWT serta pengamalannya, dan akhlak adalah kebiasaan maupun perilaku yang berangkat dari kesadaran diri sendiri baik dalam hubungan manusia terhadap Allah, hubungan sesama manusia maupun kepada lingkungan alam. Pembentukan karakter memiliki arti sebagai suatu usaha yang dilakukan secara sungguh-sungguh untuk membentuk tabiat ataupun perilaku yang dapat menjadi karakteristik seseorang, sedangkan untuk membentuk karakter siswa sekolah dasar bukanlah suatu hal yang mudah karena siswa sekolah dasar memiliki sifat yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penelitian ini dijtujukan untuk mengetahui sejauh mana peran pendidikan aqidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literature dengan mengkaji jurnal dan penelitian terdahulu dengan teknik analisis isi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa pendidikan aqidah akhlak memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan karakter siswa sekolah dasar.

Downloads

Published

2023-05-13

How to Cite

Fajrussalam , . . H. ., H.A, A. N. A. ., Nur’ani , F. D., Putri, H. I. ., & Devi , R. . (2023). Peran Pendidikan Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 123–130. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14655

Most read articles by the same author(s)