Peran Pendidikan Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14655Abstract
Pendidikan aqidah akhlak merupakan pendidikan awal atau pondasi agama yang harus dimiliki anak sejak dini, pendidikan aqiah akhlak di sekolah dasar sudah terintegrasi pada mata pelajaran pendidikan agam islam. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan yaitu menjadikan siswa sebagai manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Aqidah sendiri mengacu pada keyakinan dan keimanan kepada Allah SWT serta pengamalannya, dan akhlak adalah kebiasaan maupun perilaku yang berangkat dari kesadaran diri sendiri baik dalam hubungan manusia terhadap Allah, hubungan sesama manusia maupun kepada lingkungan alam. Pembentukan karakter memiliki arti sebagai suatu usaha yang dilakukan secara sungguh-sungguh untuk membentuk tabiat ataupun perilaku yang dapat menjadi karakteristik seseorang, sedangkan untuk membentuk karakter siswa sekolah dasar bukanlah suatu hal yang mudah karena siswa sekolah dasar memiliki sifat yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penelitian ini dijtujukan untuk mengetahui sejauh mana peran pendidikan aqidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literature dengan mengkaji jurnal dan penelitian terdahulu dengan teknik analisis isi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa pendidikan aqidah akhlak memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan karakter siswa sekolah dasar.Downloads
Published
2023-05-13
How to Cite
Fajrussalam , . . H. ., H.A, A. N. A. ., Nur’ani , F. D., Putri, H. I. ., & Devi , R. . (2023). Peran Pendidikan Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 123–130. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14655
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Hisny Fajrussalam, Alifia Nur Azizah H.A, Firra Dwi Nur’ani, Hilma Innayah Putri, Ranisa Devi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).