Pelaksanaan Pendidikan Inklusif pada Pembelajaran Taman Kanak-Kanak (Studi Kasus di Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai)

Authors

  • Asmidar Parapat Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Salma Rozana Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Rika Widya Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14365

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan inklusif pada pembelajaran TK kelompok A, di Kota Pari. Objek penelitian adalah proses pembelajaran TK kelompok A di Kota Pari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif menggunakan model analisis interaktif. Data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan inklusif melayani segala kebutuhan peserta didik tanpa memandang segala perbedaan. Hal tersebut dapat dilihat dari: (1) komposisi kelas terdiri dari berbagai aspek keberanekaragaman; (2) setiap peserta didik diberi perlakuan yang sesuai dengan kebutuhannya; (3) SPMB berdasarkan usia anak dan tidak ada tes; (4) menggunakan kurikulum merdeka yang dimodifikasi sesuai kebutuhan peserta didik; dan (5) pembelajaran mengembangkan aspek: kognitif, bahasa, fisik-motorik, sosial-emosional, dan moral.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Parapat, A. ., Rozana, S. ., & Widya, R. . (2023). Pelaksanaan Pendidikan Inklusif pada Pembelajaran Taman Kanak-Kanak (Studi Kasus di Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5231–5238. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14365