Kepercayaan Diri Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran : Perbedaan Gender
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14178Abstract
Kepercayaan diri adalah keyakinan dalam kemampuan diri seseorang melakukan tindakan atau mengatasi tantangan yang dihadapi. Kepercayaan diri peserta didik dapat mempengaruhi hasil belajar. Peserta didik yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah cenderung mengalami kesulitan dalam menghadapi tantangan belajar dan cenderung memiliki performa akademik yang kurang memuaskan. Maka dari itu, perlu untuk mengkaji tingkat kepercayaan diri serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Populasi berjumlah 72 peserta didik yaitu 48 peserta didik laki-laki dan 24 peserta didik perempuan dari kelas XI Jurusan Teknik Mekatronika di SMK Negeri 7 Semarang dengan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan formulir daring berupa skala psikologis. Hasil penelitian menggambarkan nilai rata-rata kepercayaan diri sebesar 85,41 dan standar deviasi sebesar 6,72 yang berarti peserta didik memiliki kepercayaan diri pada kategori sedang. Terdapat perbedaan tingkat kepercayaan diri antara laki-laki dan perempuan yang mana peserta didik laki-laki memiliki tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi. Proporsi peserta didik laki-laki dan perempuan yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi relatif rendah, yaitu masing-masing hanya sekitar 16,7% dan 12,5%. Sementara itu, sebagian besar peserta didik laki-laki dan perempuan memiliki tingkat kepercayaan diri yang sedang, yaitu masing-masing sekitar 83,3% dan 87,5%.Downloads
Published
2023-04-28
How to Cite
Marsiwi, D. T. L. ., Ismanto, H. S. ., & Baihaqi, M. A. . (2023). Kepercayaan Diri Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran : Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5255–5261. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14178
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Dwi Tantri Laras Marsiwi, Heri Saptadi Ismanto, Mustika Aslam Baihaqi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).