Kepercayaan Diri Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran : Perbedaan Gender

Authors

  • Dwi Tantri Laras Marsiwi Universitas PGRI Semarang
  • Heri Saptadi Ismanto Universitas PGRI Semarang
  • Mustika Aslam Baihaqi SMK Negeri 7 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14178

Abstract

Kepercayaan diri adalah keyakinan dalam kemampuan diri seseorang melakukan tindakan atau mengatasi tantangan yang dihadapi. Kepercayaan diri peserta didik dapat mempengaruhi hasil belajar. Peserta didik yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah cenderung mengalami kesulitan dalam menghadapi tantangan belajar dan cenderung memiliki performa akademik yang kurang memuaskan.  Maka dari itu, perlu untuk mengkaji tingkat kepercayaan diri serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Populasi berjumlah 72 peserta didik yaitu 48 peserta didik laki-laki dan 24 peserta didik perempuan dari kelas XI Jurusan Teknik Mekatronika di SMK Negeri 7 Semarang dengan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan formulir daring berupa skala psikologis. Hasil penelitian menggambarkan nilai rata-rata kepercayaan diri sebesar 85,41 dan standar deviasi sebesar 6,72 yang berarti peserta didik memiliki kepercayaan diri pada kategori sedang. Terdapat perbedaan tingkat kepercayaan diri antara laki-laki dan perempuan yang mana peserta didik laki-laki memiliki tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi. Proporsi peserta didik laki-laki dan perempuan yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi relatif rendah, yaitu masing-masing hanya sekitar 16,7% dan 12,5%. Sementara itu, sebagian besar peserta didik laki-laki dan perempuan memiliki tingkat kepercayaan diri yang sedang, yaitu masing-masing sekitar 83,3% dan 87,5%.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Marsiwi, D. T. L. ., Ismanto, H. S. ., & Baihaqi, M. A. . (2023). Kepercayaan Diri Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran : Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5255–5261. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14178