Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Self-Management Untuk Mereduksi Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jepara
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13084Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh konseling kelompok menggunkan Teknik Self Management terhadap perilaku bullying. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Eksperimen Design dengan desain Pretest-Posttest Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A sampai dengan VIII I. Sampel yang terpilih untuk dilakukan penelitan berjumlah 16 kemudian dibagi menjadi 2 kelompok control dan kelompok eksperimen mendapatkan populasi dengan Teknik sampling purposive, dengan menggunakan teknik Self Management. Berdasarkan hasil analisis angket skala psikologis siswa menunjukan bahwa kelompok eksperimen nilai maksimal sebelum treatment sebesar 83 dan setelah treatment sebesar 94. Hasil uji t dapat disimpulkan bahwa nilai mean pada posttest eksperimen sebesar 75.75 dan possttest kontrol sebesar 68.63. Maka dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh konseling kelompok dengan teknik self management untuk mereduksi perilaku bullying pada siswa kelas VIII SMPN 1 Jepara. Saran yang dapat disampaikan untuk guru adalah konseling kelompok dengan Teknik self management mampu untuk mengurangi perilaku bullyingDownloads
Published
2023-03-20
How to Cite
Keswanto, E. ., Ismanto, H. S. ., & DIan, M. P. . (2023). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Self-Management Untuk Mereduksi Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jepara. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1225–1230. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13084
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Eko Keswanto, Heri Saptadi Ismanto, MA Primaningrum DIan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).