Pengaruh Menggambar Dekoratif Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini di Kelas A TK Larasati Kota Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14125Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh menggambar dekoratif terhadap kemampuan motorik halus anak usia dini di kelas A TK Larasati Kota Palembang”. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimental Design One Group Pre-Test Post-Test (satu kelas). Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas A yang ada di TK Larasati Kota Palembang yang berjumlah 15 anak terdiri dari 11 perempuan 4 laki-laki. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Sampling jenuh dengan melakukan kegiatan menggambar dekoratif. Adapun cara pengumpulan data menggunakan tes, observasi, serta dokumentasi dengan analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian dan pembahasan rata-rata nilai Pre-test sebelum melakukan Treatment sebesar 45, sedangkan rata-rata nilai Post-test dengan melakukan kegiatan menggambar dekoratif setelah Treatment sebesar 94. Angka ini menunjukkan bahwa anak (BSB) berkembang sangat baik. Perolehan tersebut diperkuat berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-T diperoleh t hitung= 3.497 sedangkan dk= 15-2-1 = 12 dengan taraf nyata 5% sehingga didapat t tabel 2.188 karena t hitung 3.497 > dari t tabel 2.188. Maka kesimpulannya Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh menggambar dekoratif terhadap kemampuan motorik halus pada anak di kelas A usia (4-5 tahun) Tk Larasati Kota Palembang.Downloads
Published
2023-04-17
How to Cite
Putri, Z. D., Yuniar, Y., & Cindrya, E. (2023). Pengaruh Menggambar Dekoratif Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini di Kelas A TK Larasati Kota Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4625–4634. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14125
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Zakiya Dwi Putri, Yuniar Yuniar, Elsa Cindrya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).