Konsep Kegiatan Audit SDM dan Konsep Pengelolaan SDM dalam Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11258Abstract
Lembaga pendidikan sangat membutuhkan SDM yang kompeten agar dapat menunjang keberhasilan dan pencapaian tujuan. SDM merupakan penggerak dari suatu sistem dan semua fasilitas, aset, kurikulum, sarana, prasarana serta semua sumber daya lainnya. Semua sumber daya pendidikan tidak dapat berfungsi secara optimal apabila tidak didukung dengan ketersediaan SDM. Dengan adanya audit SDM Pendidikan, maka dapat memberikan arah bagi lembaga pendidikan secara keseluruhan tentang SDM yang dibutuhkan, kegiatan SDM yang akan dikelola dan dikembangkan, dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi lembaga maupun bagi pendidik dan tenaga kependidikan, sehingga dapat diintegrasikan dengan tujuan perencanaan jangka pendek dan jangka panjang lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Konsep Kegiatan Audit SDM dan Konsep Pengelolaan SDM dalam Pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian pustaka (Library Research). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa perlu dilakukan audit terkait dengan Sumber Daya Manusia di sekolah. Pendidikan dapat dikatakan berkualitas jika sudah memenuhi standar Pendidikan dan pengelolaan sumber daya manusia dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan adalah sangat penting dan harus memperhatikan sumber daya manusia dan mengelolanya dengan baik, agar tercipta pendidikan yang berkualitas.Downloads
Published
2023-01-09
How to Cite
Erwiati, . E., Amini, . A., Hajani, H., Padang, S., Aceh, S. ., & Yuniar, Y. (2023). Konsep Kegiatan Audit SDM dan Konsep Pengelolaan SDM dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2005–2012. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11258
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Erwiati, Amini, Hajani, Sabar Padang, Suhardi Aceh, Yuniar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).