Increasing Students’ Listening Comprehension By Using Index Card Match Strategy
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13981Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan Penggunaan Strategi Index Card Match terhadap pemahaman menyimak siswa berbantuan media youtube dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan Index Card Match berbantuan media youtube. Penelitian ini merupakan penelitian true-experimental design. Sampel diambil dengan menggunakan Teknik Random Sampling. Sampel diambil dua kelas yaitu kelas VIII-1 yang terdiri dari 25 siswa sebagai Kelas Eksperimen (menggunakan index card match) dan kelas VIII-2 yang terdiri dari 26 siswa sebagai Kelas Kontrol (menggunakan metode konvensional). Subjek penelitian terdiri dari 51 siswa kelas II SMP Swasta Al-Hikmah Marelan. Data dikumpulkan dengan menggunakan pre-test, post-test dan kuesioner. Untuk menganalisis data menggunakan T-Test Non Parametrik pada software SPSS versi 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 dan perbandingan skor rata-rata posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 70,54 < 86,56 dan hasil kuesioner yang diperoleh dari 25 tanggapan mendapatkan rata-rata skor 77,36% yang mendapat respon baik dari siswa. Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Penggunaan Strategi Index Card Match terhadap Pemahaman Mendengarkan Siswa di SMP Swasta Al-Hikmah. Strategi Index Card Match lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional dan penggunaan index card match cocok digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran.Downloads
Published
2023-04-12
How to Cite
Hanimah, S. ., & Niswa, K. . (2023). Increasing Students’ Listening Comprehension By Using Index Card Match Strategy. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4109–4118. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13981
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Siti Hanimah, Khairun Niswa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









