Increasing Students’ Listening Comprehension By Using Index Card Match Strategy

Authors

  • Siti Hanimah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,
  • Khairun Niswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13981

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan Penggunaan Strategi Index Card Match terhadap pemahaman menyimak siswa berbantuan media youtube dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan Index Card Match berbantuan media youtube. Penelitian ini merupakan penelitian true-experimental design. Sampel diambil dengan menggunakan Teknik Random Sampling. Sampel diambil dua kelas yaitu kelas VIII-1 yang terdiri dari 25 siswa sebagai Kelas Eksperimen (menggunakan index card match) dan kelas VIII-2 yang terdiri dari 26 siswa sebagai Kelas Kontrol (menggunakan metode konvensional). Subjek penelitian terdiri dari 51 siswa kelas II SMP Swasta Al-Hikmah Marelan. Data dikumpulkan dengan menggunakan pre-test, post-test dan kuesioner. Untuk menganalisis data menggunakan T-Test Non Parametrik pada software SPSS versi 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 dan perbandingan skor rata-rata posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 70,54 < 86,56 dan hasil kuesioner yang diperoleh dari 25 tanggapan mendapatkan rata-rata skor 77,36% yang mendapat respon baik dari siswa. Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Penggunaan Strategi Index Card Match terhadap Pemahaman Mendengarkan Siswa di SMP Swasta Al-Hikmah. Strategi Index Card Match lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional dan penggunaan index card match cocok digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2023-04-12

How to Cite

Hanimah, S. ., & Niswa, K. . (2023). Increasing Students’ Listening Comprehension By Using Index Card Match Strategy. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4109–4118. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13981