Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Metode Kumon dikelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.13643Abstract
Penelitian dilatar belakangi dari hasil belajar peserta didik yang masih rendah dilihat dari hasil Ujian Tengah Semester I kelas V SDN 24 Guguak Tinggi Kab. Agam diketahui bahwa bahwa persentase ketuntasan dari nilai pengetahuan masih rendah hal ini terlihat dari mata pelajaran Bahasa Indonesia 45%, PPKn 30%, dan IPS 60%. KBM adalah (Ketuntasan Belajar Minimum) yang telah ditetapkan guru yaitu 77. Jadi dapat dilihat masih banyaknya peserta didik yang belum memenuhi KBM. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menggunakan metode Kumon dikelas V SDN 24 Guguak Tinggi kecamatan IV Koto. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dua siklus, yaitu siklus I dilaksanakan 2 pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 Pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a)RPP siklus I dengan rata-rata 81,5% (B), siklus II 94% (SB), b).Pelaksanaan pada aspek pendidik siklus I dengan rata-rata 83,5% (B) siklus II 92% (SB), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 80% (B), siklus II 92% (SB), c) Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata dengan 76,76 dan siklus II rata-rata 85,9. Dapat disimpulkan bahwa menggunakan model ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.Downloads
Published
2023-04-03
How to Cite
Azani, . D. ., & Zuardi, Z. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Metode Kumon dikelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 1–6. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.13643
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Diva Azani, Zuardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).