Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Everyone Is Teacher Here di Kelas V SD

Authors

  • Lidra Permata Sari Universitas Negeri Padang
  • Zuardi Zuardi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.13378

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah dengan rata-rata 73,6. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Everyone Is Teacher Here di kelas V SD Negeri 03 Pakan Labuah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2x pertemuan, sedangkan siklus II terdiri dari 1 x pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP Siklus I memperoleh presentase 84,72% (B) dan siklus II memperoleh presentase 97,22% (SB), b) Aktivitas Guru, pada siklus I memperoleh presentase  87,50% (B) dan siklus II memperoleh presentase 96,42% (SB), Sedangkan aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh presentase  83,92% (B) dan siklus II memperoleh presentase 96,42% (SB), c) penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 78,75 dan siklus II dengan rata-rata 89,66. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Everyone is teacher here dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2023-04-03

How to Cite

Lidra Permata Sari, & Zuardi, Z. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Everyone Is Teacher Here di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 7–15. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.13378