Penggunaan Media Origami Untuk Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13167Abstract
Permainan kertas origami sebagai media pembelajaran dapat membantu siswa dalam menguasai kosakata bahasa Arab, karena dengan kertas origami siswa lebih aktif dalam belajar bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan media origami dalam meningkatkan penguasaan kosakata dan motivasi belajar bahasa Arab bagi siswa Sekolah Menengah Pertama kelas VIII di SMP Muhammadiyah Haurgeulis. Penelitian kualitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data diperoleh dengan mewawancarai siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah setelah dilakukannya pembelajaran menggunakan media kertas origami. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media origami dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai kosakata bahasa Arab dan meningkatkan motivasi belajar. Pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Arab menggunakan media origami dapat diterapkan bagi para pengajar khususnya pada tingkat Sekolah Menengah Pertama.Downloads
Published
2023-03-25
How to Cite
Sahida, A., & Susiawati, I. (2023). Penggunaan Media Origami Untuk Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1741–1750. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13167
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Amalia Sahida, Iis Susiawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).