Penggunaan Media Origami Untuk Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Amalia Sahida Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Iis Susiawati Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13167

Abstract

Permainan kertas origami sebagai media pembelajaran dapat membantu siswa dalam menguasai kosakata bahasa Arab, karena dengan kertas origami siswa lebih aktif dalam belajar bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan media origami dalam meningkatkan penguasaan kosakata dan motivasi belajar bahasa Arab bagi siswa Sekolah Menengah Pertama kelas VIII di SMP Muhammadiyah Haurgeulis. Penelitian kualitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data diperoleh dengan mewawancarai siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah setelah dilakukannya pembelajaran menggunakan media kertas origami. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media origami dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai kosakata bahasa Arab dan meningkatkan motivasi belajar. Pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Arab menggunakan media origami dapat diterapkan bagi para pengajar khususnya pada tingkat Sekolah Menengah Pertama.

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Sahida, A., & Susiawati, I. (2023). Penggunaan Media Origami Untuk Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1741–1750. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13167