Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Peningkatan Penguasaan Ilmu Nahwu dan Sharaf Mahasiswa IAI AL-AZIS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12809Abstract
Ilmu nahwu dan sharaf adalah salah satu bagian dari kaidah kebahasaan pada bahasa Arab, kedua ilmu tersebut memiliki keterkaitan yang erat dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini mengkaji tentang apa saja yang menjadi faktor pada peningkatan penguasaan ilmu nahwu dan sharaf bagi mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Arab IAI Al-AZIS sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif. Ilmu nahwu dan sharaf penting dipelajari karena merupakan kunci untuk membuka gudang ilmu Islam yang menggunakan bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode dan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model interaktif dengan 3 komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang paling dominan mempengaruhi peningkatan penguasaan ilmu nahwu dan sharaf bagi mahasiswa IAI AL-AZIS adalah faktor eksternal yakni pada faktor sosial. Adapun faktor-faktornya terbagi menjadi dua, yang pertama adalah faktor internal meliputi faktor fisiologis, kecerdasan, sikap atau tingkah laku, minat dan bakat, motivasi, emosi, penyesuaian diri mahasiswa dan yang kedua adalah faktor eksternal meliputi faktor lingkungan sosial yaitu lingkungan keluarga, lingkungan kampus dan juga masyarakat, kemudian faktor budaya yakni ilmu pengetahuan dan teknologi serta lingkungan fisik seperti suasana dan kondisi kegiatan perkuliahan.Downloads
Published
2023-03-12
How to Cite
Sabilah, S. ., Peranginangin, H. ., & Susiawati, I. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Peningkatan Penguasaan Ilmu Nahwu dan Sharaf Mahasiswa IAI AL-AZIS. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 517–529. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12809
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Syifaus Sabilah, Henri Peranginangin, Iis Susiawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).