Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Energi

Authors

  • Rahmat Rahmat , Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nauli Tama Sari Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nur Awalia Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nuraisah Nurasiah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Purwono Purwono Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Selviana Sasmiati Nur Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Siswanto Siswanto Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12806

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar siswa SD Pahlawan Pada Mata Pelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena guru mengunakan metode yang kurang variasi yaitu metode ceramah sehingga siswa menjadi pasif dan siswa tidak memahami materi atau tugas yang diberikan guru. Salah satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengunakan model pembelajaran Quantum Teaching. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk, mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan Quantum Teaching pada pembelajaran IPA materi Energi. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dan setiap siklus nya dilaksanakan 2 kali pertemuan. Penelitian dilakasanakan pada siswa kelas IV SD Pahlawan. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik obeservasi, dokumentasi, dan tes. Peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi energi dapat dilihat dari rata-rata pada siklus I 68,00 dengan persentase ketuntasan belajar 63,00%, dan rata-rata hasil belajar siswa siklus II 75,2 dengan persentase ketuntasan 78%. Jadi pembelajaran IPA materi Energi dengan model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Pahlawan.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Rahmat, R., Sari, N. T., Awalia, N. ., Nurasiah, N., Purwono, P., Nur, S. S., & Siswanto, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Energi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 785–791. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12806